PENGARUH FUNDS STATEMENT ANALYSIS BERDASARKAN MODAL KERJA TERHADAP PENINGKATAN RENTABILITAS
Icih, SE, M.Si

Abstrak

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap peningkatan Rentabilitas pada PT Bank Rakyat Indonesia.

            Terdapat dua Variabel dalam penelitian ini, yaitu (1) Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja dengan indikator sumber dana dan penggunaan dana. (2) Peningkatan Rentabilitas dalam hal ini adalah ROA dengan indikator laba sebelum pajak dan Total Aktiva, ROE dengan indikator laba sebelum pajak dan Total Equity.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan quantitatif. Data yang diolah adalah delapan quartal yaitu periode Maret 2005 sampai dengan Desember 2006, dengan skala data adalah rasio.

            Pengaruh Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROA  dengan menggunakan analisis linier sederhana adalah sebesar Y = 5.209 – 0.007 X yang mengandung arti bahwa setiap terjadi peningkatan Funds Statement Analysis atau Variabel (X) sebesar satu satuan (satu persen) maka nilai ROA atau variabel (Y) akan mengalami penurunan 0,007 persen. Koefisien determinasi menunjukan pengaruh Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROA sebesar 25,5 persen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh bahwa t hitung ≤ t tabel yaitu -1,431 ≤ -1,943, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROA.

                Pengaruh Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROE dengan menggunakan analisis linier sederhana adalah sebesar Y=38,234-0,60X yang mengandung arti bahwa setiap terjadi peningkatan Funds Statement Analysis atau Variabel (X) sebesar satu 

satuan (satu persen) maka nilai ROE atau variabel (Y) akan mengalami penurunan 0,60 persen. Koefisien determinasi menunjukan pengaruh Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROE sebesar 48,8 persen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh bahwa t hitung ≥ t tabel yaitu -2,389 ≤ -1,943, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Funds Statement Analysis berdasarkan modal kerja terhadap ROE.

         Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan pada PT BRI (persero) Tbk untuk membuat anggaran yang tepat untuk dapat mengantisipasi penurunan modal kerja, sebagai salah satu contoh antisipasi terhadap fluktuasi perekonomian bangsa dan bencana alam yang baru –baru ini banyak terjadi yang bisa mengakibatkan labilnya perekonomian bangsa yang mungkin berpengaruh terhadap aktivitas operasi PT BRI (persero) Tbk.

 

Kata Kunci : Analisis Sumber dan Penggunaan Dana (Funds Statement Analisis), Modal Kerja, Rentabilitas ( ROA dan ROE ).
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login